BEHAVIORISME


LATAR BELAKANG BEHAVIORISME

  • Psikologi objektif : psikologi yang menekankan bahwa segala dapat diukur secara langsung.
  • Psikologi objektif sudah berkembang dengan baik di Rusia sebelum timbulnya Behaviorisme.
  • Beberapa fungsionalis mempelajari tentang manusia tanpa menggunakan introspeksi, dan mereka kemudian mengaitkan dengan behaviorisme. 
  • Ketegangan antara para peneliti hewan dan para introspeksi menciptakan suasana di mana behaviorisme mengambil karakteristik revolusioner.

RUSSIAN OBJECTIVE PSYCHOLOGY

IVAN M. SECHENOV

  • Pendiri psikologi objektif Rusia : Ivan M. Sechenov (1829–1905).
  • Belajar di kedokteran Universitas Moskow, tempat ia menerima gelar MD pada tahun 1856. 
  • Rangsangan eksternal menyebabkan semua perilaku dapat terjadi.
  • Bagi Sechenov, perilaku terbuka dan tersembunyi bersifat refleksif dalam rangsangan eksternal
PENTINGNYA PENGHAMBATAN
  • Konsep yang diperkenalkan Sechenov yaitu mengenai Refleks Otak : penghambatan
  • Penemuan Sechenov tentang mekanisme penghambatan di otak yang membuatnya menyimpulkan bahwa psikologi dapat dipelajari dari segi fisiologi
  • Memiliki kontrol sukarela atas perilaku yang biasanya tidak disengaja. Contoh, terkadang kita dapat menekan dorongan untuk bersin dan batuk.
  • Pengamatan Sechenov memecahkan sebuah masalah perilaku dalam hal refleks : pada stimulus dengan intensitas yang sangat rendah akan menghasilkan intensitas yang tinggi tingkat responnya, dan stimulus yang sangat intens akan menghasilkan hanya sedikit respon. 
  • Menurut Sechenov, untuk menjelaskan semua perilaku, dapat dilakukan dengan refleksif
  • Dalam Refleks, Sechenov menjelaskan perilaku dalam hal eksitasi atau penghambatan refleks
  • Dengan refleks Sechenov menyatakan bahwa setiap gerakan otot disebabkan oleh peristiwa yang mendahuluinya
PSIKOLOGI HARUS DIPELAJARI DENGAN PENDEKATAN FISIOLOGI
  • Sechenov sangat percaya bahwa pendekatan tradisional untuk memahami fenomena psikologis menggunakan analisis introspektif tidak mengarah ke mana pun
  • Untuk Sechenov satu-satunya pendekatan yang valid untuk studi psikologi melibatkan metode objektif fisiologi.
  • Untuk mempelajari fenomena psikologis : dengan menggunakan tujuan metode fisiologi.
  • Perilaku paling baik dipahami sebagai refleksif.

IVAN PETROVICH PAVLOV

  • Ivan Petrovich Pavlov (1849–1936) lahir pada 14 September di kota Ryazan.
  • Di bawah penerus Sechenov, Pavlov pertama kali mempelajari fisiologi.
  • Pavlov sangat mengesankan sebagai mahasiswa kedokteran dan ia diangkat sebagai direktur dari sebuah laboratorium kecil.
  • Dia belajar dengan Carl Ludwig di Universitas Leipzig. 
  • Diangkat sebagai profesor fisiologi di St. Petersburg, Akademi Medis Militer Petersburg. 
  • Pada tahun 1921 Lenin menganugerahkan banyak hal istimewa kepada Pavlov dan memproklamasikannya sebagai Pahlawan revolusi
PENELITIAN TENTANG PENCERNAAN
  • Selama 10 tahun pertamanya di St. Petersburg, Pavlov mengejar minatnya di sistem pencernaan
Prosedur Percobaan
  • Pavlov melakukan ratusan percobaan untuk menentukan bagaimana jumlah sekresi melalui fistula bervariasi sebagai fungsi dari berbagai jenis rangsangan pada sistem pencernaan.
  • Penelitian perintisnya pada tahun 1904 mendapatkan Hadiah Nobel dalam fisiologi.
PENEMUAN REFLEKS TERKONDISI
  • Selama pekerjaannya pada pencernaan, Pavlov menemukan refleks terkondisi
  • Pavlov menyadari bahwa refleks terkondisi bisa dijelaskan dengan prinsip asosiatif dari kedekatan dan frekuensi. 
  • Ia menyimpulkan bahwa refleks terkondisi dapat dijelaskan dalam hal saraf sirkuit dan fisiologi otak. 
KEPRIBADIAN PAVLOV 
  • Pavlov : seorang positivis.
  • Buku yang ditulis Pavlov : Kelenjar Pencernaan Utama (1897) dan Refleks Terkondisi (terjemahan bahasa Inggris, 1927/1960).
  • Murid-muridnya memandang Pavlov sebagai orang yang keras tetapi adil, dan mereka sangat menyukainya. 
  • Pavlov : mentalisme
  • Pavlov mendemonstrasikan ekonomi praktis
REFLEKS TAK TERKONDISI DAN TERKONDISI
  • Menurut Pavlov, organisme menanggapi lingkungan dalam bentuk refleks tak terkondisi dan terkondisi
  • Refleks tanpa syarat : bawaan yang dipicu oleh stimulus tanpa syarat. 
  • Refleks terkondisi berasal dari pengalaman sesuai dengan hukum kedekatan dan frekuensi. 
  • Reaksi disebut respon terkondisi (CR)
  • Proses pengkondisian : rangsangan yang mengatur perilaku organisme secara bertahap yang ditingkatkan dari beberapa rangsangan tak terkondisi menjadi rangsangan lain yang tak terhitung jumlahnya.
EKSISTENSI DAN PENGHAMBATAN 
  • Pavlov percaya bahwa semua aktivitas sentral sistem saraf dapat dicirikan sebagai eksitasi atau penghambatan
  • Pavlov percaya bahwa semua perilaku bersifat refleksif : disebabkan oleh stimulasi anteseden. 
  • Melalui pengalaman, organisme belajar untuk menghambat perilaku refleks
  • Pola eksitasi dan inhibisi yang mencirikan otak pada saat tertentu disebut Pavlov dengan mosaik kortikal
  • Kortikal mosaik : menentukan bagaimana suatu organisme akan merespons lingkungannya pada saat tertentu. 
KEPUNAHAN, PEMULIHAN SPONTAN, DAN DISINHIBISI
  • Jika stimulus yang dikondisikan terus-menerus diberikan kepada suatu organisme dan tidak lagi diikuti oleh stimulus tak terkondisi, respon terkondisi akan berangsur-angsur berkurang dan akhirnya menghilang, di mana titik kepunahan muncul
  • Pemulihan Spontan : Jika periode waktu dibiarkan berlalu setelah kepunahan dan stimulus terkondisi, stimulus akan menimbulkan respon terkondisi. 
  • Pavlov percaya pemulihan spontan menunjukkan bahwa proses kepunahan tidak menghilangkan respons yang dikondisikan tetapi hanya menghentikannya. 
  • Kepunahan paling baik dijelaskan sebagai proses penghambatan oleh disinhibisi. 
NEUROSIS EKSPERIMENTAL
  • Menurut Pavlov, ketika lingkaran dan elips menjadi tidak bisa dibedakan, akan terjadi kemerosotan perilaku, disebut neurosis eksperimental
  • Pavlov mengklasifikasikan hewan berdasarkan jenis sistem saraf yang berbeda. 
  • Pavlov banyak berspekulasi tentang perilaku abnormal manusia disebabkan oleh rusaknya proses penghambatan di otak.
KARYA PAVLOV MENGENAI KONFLIK DAN TIPOLOGI

Sistem Sinyal Pertama dan Kedua
  • Menurut Pavlov, semua kecenderungan yang diperoleh hewan selama hidupnya didasarkan pada bawaan : pada rangsangan tanpa syarat dan tanggapan tanpa syarat yang diperoleh selama sejarah filogenetik.
  • Manusia belajar untuk menanggapi simbol dari peristiwa fisik. Contoh, kita belajar menanggapi kata api seperti yang kita lakukan terhadap pemandangan api
  • Simbol-simbol dapat diatur menjadi konsep abstrak yang memandu perilaku kita karena  simbol-simbol abstrak ini mewakili peristiwa di dunia fisik.
SIKAP PAVLOV TERHADAP PSIKOLOGI
  • Pavlov memiliki pandangan psikologi yang rendah
  • Pavlov (1928) mengakui Thorndike sebagai orang pertama yang melakukan penelitian yang sistematis dan objektif tentang proses pembelajaran pada hewan.
PAVLOV DAN ASOSIANISME
  • Pavlov percaya bahwa ia telah menemukan mekanisme fisiologis untuk menjelaskan asosiasionisme.
  • Dasar-dasar fisiologis asosiasi : menempatkan asosiasnisme pada pijakan objektif dan menimbulkan tentang bagaimana ide-ide menjadi terkait satu sama lain.

VLADIMIR M. BECHTEREV

  • Vladimir M. Bechterev (1857–1927) lahir pada 20 Januari.
  • Kuliah di Jurusan Penyakit Mental dan Saraf sampai dia mendapatkannya gelar doktornya pada tahun 1881.
  • Menciptakan eksperimen pertama Rusia  yaitu laboratorium psikologi. 
  • Pada tahun 1904 menerbitkan makalah penting berjudul "Psikologi Objektif".
  • Bechterev berpendapat bahwa, psikologi sepenuhnya objektif dan berkonsentrasi tentang hubungan antara rangsangan lingkungan dan perilaku
PIJAT REFLEKSI
  • Bechterev merangkum pandangannya tentang psikologi dalam Prinsip Refleksologi Manusia: Pengantar Objektif Studi Kepribadian.
  • Memahami hubungan antara pengaruh lingkungan dan perilaku terbuka
  • Pijat refleksi mempelajari hubungan antara perilaku, kondisi fisik, biologis, dan, sosial.
  • Bechterev mengkritik “metode air liur” Pavlov.
  • Mempelajari refleks motorik.

JOHN B. WATSON DAN BEHAVIORISM

  • John Broadus Watson (1878–1958) lahir pada 9 Januari di desa Travelers Rest dekat Greenville, Carolina Selatan.  

KEHIDUPAN DEWASA WATSON

TAHUN SERJANA
  • Watson diterima di Universitas Furman pada usia 15 tahun. 
  • Psikologi Watson melibatkan karya-karya Wundt dan James
  • Dia mendapatkan gelar master pada usia 21 tahun. 
  • Setelah lulus, Watson mengajar di Greenville, di mana dia memperoleh $25.
TAHUN-TAHUN DI CHICAGO
  • Watson menyelidiki proses pembelajaran pada tikus putih. 
  • Akhir tahun 1902, dia tahu lebih banyak tentang tikus putih daripada siapa pun di Amerika Serikat. 
  • Meskipun Watson mengalami gangguan saraf pada tahun 1902, ia berhasil menyelesaikan gelar doktornyo pada tahun 1903 dengan judulnya, “Animal Education: The Psychical Development of the White Rat”.
  • Menjadi orang termuda yang pernah meraih gelar doktor di University of Chicago.
  • University of Chicago mempekerjakan Watson sebagaiasisten profesor dengan gaji $600 setahun, dan dia mengajar mata kuliah psikologi hewan dan manusia
  • Yerkes tidak pernah menerima posisi behavioris Watson.
  • Pada tahun 1906 Watson memulai penelitiannya yang dirancang untuk mendapatkan informasi sensorik yang digunakan sebagai media untuk belajar memecahkan labirin yang rumit
  • Penemuan sensasi kinestetik : untuk memainkan sebuah peran penting dalam teori Watson. Watson menerbitkan hasil penelitian pada tahun 1907 dalam sebuah artikel berjudul “Sensasi Kinestetik dan Organik : Mereka Berperan dalam Reaksi Tikus Putih terhadap Labirin".
  • Pada tahun 1907 Institusi Carnegie menawarkan Watson kesempatan untuk mempelajari migrasi dalam stinct of terns, dan Watson melakukan kunjungan ke sebuah pulau dekat Key West, Florida.
  • Sebagian besar penelitiannya tentang perilaku naluriah : dilakukan dengan Karl Lashley, yang membuat kontribusi signifikan terhadap psikologi neurofisiologis. 
PEKERJAAN WATSON SELANJUTNYA 
  • Watson dan Lashley bekerja sama dalam penelitian psikologi olahraga
PINDAH KE JOHN HOPKINS
  • Pada tahun 1907 Watson memiliki reputasi nasional dalam psikologi hewan, dan dia ditawari posisi di Johns Hopkins Universitas. 
  • Di Johns Hopkins, psikologi adalah bagian dari Departemen Filsafat, dan James Mark Baldwin adalah ketua departemen. 
  • Tugas Watson : mengajar psikologi manusia, yang masih dia gunakan dengan cara manual Titchener. 
  • Watson menulis kepada Titchener tentang masalah yang dia alami saat mendirikan laboratorium pidato di Johns Hopkins, lalu Watson dan Titchener bertukar banyak surat.
  • Setelah kuliahnya di Columbia, Watson tampil di depan umum dan berkomitmen untuk behaviorisme dan tidak memiliki toleransi untuk merek psikologi lainnya. 
  • Watson berusaha untuk menjelaskan semua perilaku manusia
  • Watson terpilih sebagai presiden APA ke-24.

SKANDAL

  • Secepat pengaruh Watson meningkat, jatuhnya pun lebih cepat
  • Pada tahun 1920 istri Watson mengetahui bahwa dia berselingkuh dengan Rosal Rayner dan menggugat cerai. 
  • Skandal untuk Johns Hopkins : Watson diminta mengundurkan diri, menandai akhir karir profesional Watson di psikologi.
PEKERJAAN PERIKLANAN
  • Pada tahun 1921 Watson bercerai, dan dia menikahi Rosalie Rayner.
  • Satu hal yang membuat Watson begitu sukses : penggunaan konsep pasar (riset)
  • Watson menyimpulkan bahwa penjualan dapat dipengaruhi dengan memanipulasi gambar.

PSIKOLOGI OBJEKTIF WATSON

  • Ketika Watson menemukan psikologi objektif Rusia, dia menemukan dukungan di dalamnya.
  • Para psikolog Rusia sama-sama menolak introspeksi tentang perilaku berdasarkan mentalisme
  • Dalam pernyataannya tahun 1913 tentang behaviorisme, Watson berkata sangat sedikit tentang perilaku manusia
TUJUAN PSIKOLOGI
  • Dalam pekerjaan utamanya Watson sepenuhnya menguraikan psikologi berdasarkan stimulus-respons
  • Dalam artikelnya tahun 1913, dia telah menyatakan tujuan dari psikologi sebagai prediksi dan kontrol perilaku.
  • Bagi Watson stimulus : penguasa situasi bagi lingkungan atau beberapa kondisi internal dari organisme. 
JENIS PERILAKU DAN BAGAIMANA PROSES BELAJAR
  • Untuk Watson, ada empat jenis perilaku : perilaku yang dipelajari secara eksplisit (terbuka),  implisit (rahasia), perilaku yang tidak dipelajari secara eksplisit dan implisit.
  • Untuk mempelajari perilaku, Watson mengusulkan empat metode : observasi, refleks terkondisi, pengujian, pengambilan sampel dan laporan verbal.
BAHASA DAN PIKIRAN
  • Aspek paling kontroversial dari teori Watson : menyangkut bahasa dan berpikir. 
  • Dukungan eksperimental untuk Watson : pikiran seluruhnya terdiri dari ucapan subvokal dan pendapat itu ditentang secara luas. 
PERAN NALURI DALAM PERILAKU
  • Pada 1919 Watson menyatakan bahwa naluri hadir pada bayi tetapi itu dipelajari melalui kebiasaan.
  • Pada tahun 1925 dia sepenuhnya menolak gagasan naluri pada manusia : berpendapat bahwa ada beberapa refleks sederhana tetapi tidak ada pola perilaku bawaan yang rumit disebut dengan naluri
  • Posisi Watson (1926) berakhir sebagai environmentalisme radikal
EMOSI
  • Bersama dengan struktur dan refleks dasar, manusia mewarisi emosi takut, marah, dan cinta
  • Melalui pembelajaran, emosi ditimbulkan oleh rangsangan
  • Emosi orang dewasa seperti kebencian, kesombongan, kecemburuan, dan rasa malu diturunkan dari rasa takut, marah, dan cinta.
  • Untuk Watson, tiga aspek penting dari emosi : rangsangan yang menimbulkan emosi, reaksi internal, dan reaksi eksternal. 
EKSPERIMEN WATSON DENGAN ALBERT 
  • Watson dan Rosalie Rayner melakukan percobaan pada tahun 1920 pada bayi berusia 11 bulan bernama Albert. 
  • Mereka menunjukkan kepada Albert seekor tikus putih, dan Albert tidak takut akan hal itu. Bahkan, dia mengulurkan tangan dan mencoba menyentuhnya. 
  • Saat Albert meraih tikus itu, sebuah batang baja di belakangnya dipukul dengan palu. Suara keras dan tak terduga menyebabkan Albert melompat dan jatuh ke depan
  • Sekali lagi Albert ditawari tikus itu, dan tepat saat dia menyentuhnya, batang baja di belakangnya dipukul lagi. Sekali lagi Albert melompat, dan kali ini dia mulai menangis
  • Seminggu kemudian, ketika tikus itu kembali dihadirkan ke Albert, Albert kurang antusias dan berusaha menjaga jarak darinya
  • Dan sekarang takut pada tikus putih.
  • Watson dan Rayner telah mendemonstrasikan bagaimana pengalaman menata ulang stimulus yang menyebabkan tanggapan emosional. 
  • Watson adalah pelopor dalam upaya untuk mengevaluasi konsep psikoanalitik secara ilmiah.
  • Watson dan Rayner bermaksud menghilangkan ketakutan Albert, tapi sebelum mereka bisa melakukannya, dia dikeluarkan dari rumah sakit tempat dia tinggal. 
PETER DAN KELINCI
  • Watson dan Jones mencoba mengajak Peter bermain dengan anak-anak tanpa rasa takut.
  • Peter  mengalami demam dan dibawa ke rumah sakit. 
  • Setelah itu  dia dan perawatnya diserang oleh seekor anjing di perjalanan pulang dari rumah sakit, dan Peter mengalami ketakutan yang semakin besar. 
  • Watson dan Jones memutuskan untuk mencoba melakukan counterconditioning pada Peter
  • Suatu hari saat Peter sedang makan siang, seekor kelinci dalam sangkar diperlihatkan cukup jauh darinya agar Peter tidak terganggu. 
  • Setiap hari mereka memindahkan kelinci sedikit lebih dekat dengan Peter sampai suatu hari dia duduk di samping Peter saat dia makan. 
  • Akhirnya, Peter bisa makan dengan satu tangan dan bermain dengan kelinci dengan tangan yang lain. 
  • Pada tahun 1924 Jones menerbitkan hasil penelitian terhadap Peter.
MEMBESARKAN ANAK
  • Watson berbagi pemikirannya tentang anak-anak melalui menulis
PENDIDIKAN SEKS
  • Watson menyatakan agar anak-anak diberikan informasi yang jujur ​​dan objektif tentang seks.
BEHAVIORISME DAN KEHIDUPAN YANG BAIK 
  • Watson sangat yakin bahwa psikologi itu harus berguna dalam kehidupan sehari-hari.
  • Dia sering menerapkan behaviorisme pada dirinya dan anak-anaknya.
BELAJAR
  • Penjelasan Watson tentang pembelajaran lebih mirip dengan penjelasan Pavlov dan Bechterev dibandingkan dengan Thorndike.
  • Respon yang benar cenderung terjadi lebih sering daripada tanggapan yang salah dan semakin sering tanggapan dibuat, semakin tinggi kemungkinan akan dibuat.
  • Tanggapan akhir yang dibuat organisme dalam situasi belajar akan menjadi respons yang cenderung dibuatnya saat situasi berikutnya : hukum kebaruan
  • Menurut Watson, hasil belajar dari pengaturan mekanik rangsangan dan tanggapan tidak memberikan efek pada jenis apa pun yang dimasukkan ke dalam penjelasannya.
MASALAH PIKIRAN-TUBUH
  • Ada empat pandangan tentang hubungan pikiran-tubuh : pikiran dapat mempengaruhi tubuh, dan tubuh mempengaruhi pikiran.
  • Paralelisme psikofisik : tanpa interaksi di antara pikiran dan tubuh. 
  • Epifenomenalisme : produk sampingan dari tubuh yang membuat peristiwa tetapi tidak menyebabkan perilaku.
  • Monisme fisik (materialisme) : menolak keberadaan mental peristiwa (kesadaran) sama sekali. 
  • Dalam tulisan awalnya, Watson (1913) menerima kesadaran sebagai suatu epifenomena.

PENGARUH WATSON

  • Pandangan Watson tentang psikologi memiliki dua efek jangka panjang. 
  • Mengubah tujuan utama psikologi untuk prediksi dan kontrol perilaku. 
  • Membuat perilaku terbuka mengenai pokok bahasan psikologi yang hampir eksklusif. 
  • Dengan pengaruh Watson, sebagian besar psikolog dapat mempertimbangkan behavioris.

WILLIAN MCDOUGALL : TIPE LAIN DARI BEHAVIORISME

  • William McDougall (1871–1938) lahir pada 22 Juni di Lancashire, Inggris. 
  • McDougall masuk University of Manchester ketika dia baru berusia 15 tahun.
  • Dia memulai pelatihan pengobatannya di Cambridge dan akhirnya memperoleh gelar kedokteran dari Rumah Sakit St. Thomas di London pada tahun 1897, pada usia 26 tahun. 
  • McDougall pergi ke Universitas Göttingen di Jerman untuk belajar psikologi eksperimental dengan Georg Elias Müller (1850–1934).
  • McDougall berperan penting dalam mendirikan Inggris Psychological Society dan British Journal of Psikologi
  • Pindah ke Universitas Oxford di 1904 dan tetap di sana sampai Perang Dunia I.
  • Pada tahun 1920 McDougall menerima undangan dari Harvard untuk menjadi ketua departemen psikologi.
  • McDougall menulis 24 buku dan lebih dari 160 artikel.

DAFINISI PSIKOLOGI MENURUT MCDOUGALL

  • McDougall mendefinisikan ulang psikologi sebagai ilmu perilaku
  • Sukses dalam membuat Pengantar Psikologi Sosial (1908).
  • Pada waktu yang hampir bersamaan dengan Watson dia membuat pernyataan publik pertamanya tentang behaviorismenya.
  • McDougall juga mempertanyakan nilai introspeksi dan menyerukan studi objektif tentang perilaku manusia dan hewan.
  • McDougall tidak menyangkal pentingnya peristiwa mental : seseorang dapat mempelajari peristiwa semacam secara objektif dengan mengamati pengaruhnya terhadap perilaku. 
  • McDougall adalah seorang behavioris metodologis.

PERILAKU YANG MEMILIKI TUJUAN

  • McDougall (1923) mempelajari perilaku yang memiliki bertujuan untuk : bersifat spontan, bertahan dalam waktu yang relatif lama, bervariasi, berakhir ketika tujuannya tercapai, dan menjadi lebih efektif dengan praktek. 

PENTINGNYA NALURI

  • McDougall percaya bahwa perilaku dirangsang oleh energi instingtual
  • McDougall (1908) mendefinisikan naluri sebagai psiko-fisik bawaan yang akan menentukan pemiliknya dalam mempersepsi dan memperhatikan objek dari kelas tertentu.
  • Menurut McDougall, semua organisme, termasuk manusia, dilahirkan dengan sejumlah insting yang memberikan motivasi untuk bertindak dalam tujuan tertentu.
  • Setiap naluri memiliki tiga komponen : persepsi, perilaku, emosi.
  • Ketika dua atau lebih naluri menjadi terkait dengan satu objek atau pikiran, disaat itulah sebuah sentimen dikatakan ada. 
  • McDougall setuju dengan pendapat Freud : anggapan bahwa sebagian besar perilaku manusia, tidak masalah betapa rumitnya, pada akhirnya bersifat naluriah. 

PERTEMPURAN BEHAVIORISME

  • McDougall mengatakan bahwa naluri adalah motivator dari semua perilaku hewan, termasuk manusia. Sebaliknya, Watson mengatakan bahwa insting tidak ada pada tingkat manusia.
  • Watson menolak pentingnya penguatan dalam belajar, mengatakan bahwa belajar dapat dijelaskan dalam hal prinsip asosiatif kedekatan, frekuensi, dan kebaruan. Sedangkan McDougall, percaya bahwa penguatan dalam bentuk pengurangan kebutuhan adalah aspek penting dari proses pembelajaran.
  • Pada 5 Februari 1924, mereka saling berhadapan di hadapan Klub Psikologi di Washington, DC, dan dihadiri lebih dari 300 orang. 
  • Pada tahun 1929 Watson dan McDougall menerbitkan prosidingnya dengan judul Pertempuran Behaviorisme

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GANGGUAN PSIKOLOGIS

SENSASI DAN PERSEPSI

TEORI-TEORI KEPRIBADIAN