PERKEMBANGAN AWAL PSIKOLOGI MODERN


PENGERTIAN PSIKOLOGI

  • Psikologi : studi ilmiah mengenai perilaku dan proses mental.
  • Kata ”psikologi” berasal dari bahasa Latin : psyche (jiwa) dan logos (ilmu).
  • Psikologi : ilmu mengenai jiwa.
  • Psikologi juga memberi perhatian pada proses mental yang terjadi walaupun tak dapat diamati secara langsung, seperti persepsi, berpikir, mengingat, dan merasa.

 WILHELM WUNDT

  • Wilhelm Maximilian Wundt (1832–1920) lahir di Neckarau, pada 16 Agustus.
  • Wundt menjadi murid Johannes Müller : memutuskan untuk mengejar karir di fisiologi eksperimental. 
  • Setelah setahun bekerja dan belajar di institut Müller, Wundt menjadi asisten laboratorium Helmholtz di Universitas Heidelberg
  • Wundt memberikan kursus pertamanya dalam psikologi sebagai ilmu alam dan menulis buku pertamanya, Contributions to the Theory of Sense Perception (1862a).  
  • Tahun berikutnya, ia menerbitkan Lectures on Human and Animal Psychology (1863).
  • Wundt percaya bahwa psikologi eksperimental dapat digunakan dalam upaya untuk memahami kesadaran tetapi itu tidak berguna dalam upaya untuk memahami proses mental yang lebih tinggi. 
  • Tahun berikutnya Wundt ditawari untuk mengajar filsafat ilmiah di Universitas Leipzig
  • Tahun 1879 berdiri laboratorium pertama yang didedikasikan khusus untuk penelitian psikologis, Wundt menyebut laboratoriumnya Institut Eksperimental Psikologi. 
  • Pada tahun 1881, Wundt memulai jurnal Philosophical Studies, jurnal pertama yang dikhususkan untuk psikologi eksperimental. 
PSYCHOLOGY'S GOALS
  • Wundt percaya bahwa psikologi bisa menjadi ilmu eksperimental
  • Wundt percaya bahwa eksperimen bisa digunakan untuk mempelajari proses dasar pikiran tetapi tidak dapat digunakan untuk mempelajari proses mental yang lebih tinggi. 
  • Menurut Wundt, tujuan psikologi adalah untuk memahami fenomena sadar yang kompleks
Mediasi dan Pengalaman Langsung
  • Wundt percaya bahwa semua ilmu didasarkan pada pengalaman
  • Ilmu-ilmu lain didasarkan pada eksperimen mediasi, psikologi harus didasarkan pada pengalaman langsung
  • Setelah elemen mental diisolasi, hukum yang mengatur kombinasi mereka menjadi pengalaman yang lebih kompleks dapat ditentukan
  • Wundt menetapkan dua tujuan utama untuk eksperimen psikologi : Untuk menemukan unsur-unsur dasar dari pemikiran dan untuk menemukan hukum dengan elemen mental yang bergabung menjadi pengalaman yang lebih kompleks.
Penggunaan Intropeksi Oleh Wundt
  • Untuk mempelajari proses mental dasar yang terlibat dalam pengalaman langsung, Wundt menggunakan introspeksi
  • Menjelajahi pikiran untuk menemukan esensi dari Tuhan atau untuk menemukan kebenaran tertentu. 
  • Wundt membedakan antara introspeksi dengan pengamatan diri yang relatif tidak terstruktur yang digunakan oleh para filsuf sebelumnya.
  • Introspeksi eksperimental memanfaatkan instrumen laboratorium untuk memvariasikan kondisi dan  menghasilkan internal persepsi yang lebih tepat.
  • Introspeksi dapat digunakan untuk mempelajari pengalaman langsung, tetapi tidak dapat dilakukan dalam keadaan apa pun.
Elemen Pikiran
  • Menurut Wundt, ada dua tipe dasar pengalaman mental : sensasi dan perasaan
  • Sensasi terjadi setiap kali organ indera dirangsang dan impuls yang dihasilkan mencapai otak
  • Sensasi dapat digambarkan dalam hal modalitas dan intensitas.  Contoh, sensasi pendengaran dapat dijelaskan dalam hal nada
  • Semua sensasi disertai dengan perasaan
  • Dari introspeksi sendiri, dirumuskan teori tridimensi perasaan : kesenangann-ketidaknyamanan, kegembiraan-tenang, dan ketegangan-relaksasi.
Persepsi, Apersepsi, dan Sintesis Kreatif
  • Banyak kegiatan dialami secara bersamaan, akan menjadi persepsi
  • Menurut Wundt, persepsi : proses pasif yang diatur oleh rangsangan fisik yang ada
  • Perhatian dan apersepsi berjalan beriringan. 
  • Berbeda dengan persepsi, yang pasif dan otomatis. Apersepsi bersifat aktif dan sukarela
  • Apersepsi berada di bawah kendali individu. 
  • Menurut Wundt, fenomena sintesis kreatif yang menjadikan psikologi sebagai disiplin ilmu yang berbeda secara kualitatif dari ilmu fisika. 
  • Wundt tertarik pada sensasi
  • Namun, dengan apersepsi, dia menekankan perhatian, berpikir, dan sintesis kreatif
Kronometri Mental
  • Dalam bukunya Principles of Physiological Psychology (1874/1904), Wundt menyatakan keyakinannya bahwa waktu reaksi dapat melengkapi introspeksi sebagai teknik yang mempelajari kandungan unsur dan kegiatan pikiran. 
  • Wundt percaya bahwa mereka dapat menentukan kronometri mental
  • Hampir 20% dari awal pekerjaan yang dilakukan di laboratorium Wundt melibatkan pengulangan atau memperluas penelitian mengenai rentang waktu.
  • Namun, pada akhirnya Wundt meninggalkan studi waktu reaksi
  • Karena menemukan bahwa situasinya terlalu rumit untuk mendapatkan “konstanta” psikologis yang dapat diukur.
Penyebab Psikologis Vs Fisik
  • Wundt percaya bahwa psikologis dan fisik berlawanan, karena fisik dapat diprediksi berdasarkan kondisi sedangkan peristiwa psikologis tidak bisa.
  • Prinsip heterogoni ujung : faktor yang membuat prediksi peristiwa psikologis yang mustahil.
  • Wundt menggunakan prinsip kontras untuk menjelaskan kompleksitas psikologis. Contoh, setelah makan sesuatu yang asam, sesuatu yang manis pun terasa lebih manis.
  • Prinsip menuju pengembangan yang berlawanan : setelah waktu yang lama, ada peningkatan untuk mencari jenis pengalaman yang berlawanan.
  • Tindakan kehendak ttu kreatif tetapi tidak bebas : di balik semua kehendak ada hukum mental yang bertindak berdasarkan kesadaran. 
  • Hukum-hukum ini tidak disadari, kompleks, dan tidak dapat diketahui melalui introspeksi atau bentuk eksperimen lainnya. 
  • Pendekatan historis harus digunakan untuk menyelidiki proses mental yang lebih tinggi.
Volkerpsychologie
  • Semakin tinggi proses mental yang tercermin dalam budaya manusia, hanya dapat dipelajari melalui analisis sejarah dan pengamatan naturalistik
  • Menurut Wundt, sifat dari proses mental yang lebih tinggi bisa jadi disimpulkan dari studi budaya seperti agama, adat istiadat, sosial, mitos, sejarah, bahasa, moral, seni, dan hukum. 
  • Völkerpsychologie : Wundt menekankan studi bahasa.
  • Menurut Wundt, komunikasi verbal dimulai dengan kesan umum, yang ingin disampaikan. 
  • Memiliki 3 tahapan Völkerpsychologie : pembicara harus memahami sendiri kesan umum, pembicara memilih kata untuk mengekspresikan kesan umum, dan pendengar harus memahami maksud pembicara.
Kesalahan Historis terhadap Wund
  • Psikologi Wundt mencerminkan tradisi rasionalis, dan psikologi AS menganut tradisi empiris-positivistik. 
  • Edward Titchener : seorang Inggris yang datang ke Amerika Serikat dan dianggap sebagai perwakilan AS dari ide-ide Wundtian. 
  • Dengan salah mengartikan Wundt, psikologi telah mengabaikan sumber ide yang kaya
  • Psikologi Wundt yang sebenarnya sedang dalam proses ditemukan kembali, dan salah satu alasannya mungkin karena psikologi kembali tertarik pada kognisi. 

EDWARD BRADFORD TITCHENER

  • Lahir pada 11 Januari di Chichester, Inggris.
  • Saat di Oxford, ia mengembangkan minat dalam psikologi eksperimental dan menerjemahkan edisi ketiga dari Prinsip-Prinsip Psikologi Fisiologis Wundt
  • Setelah lulus dari Oxford, Titchener pergi ke Leipzig dan belajar selama dua tahun dengan Wundt.
  • Selama tahun pertamanya di Leipzig, Titchener memulai persahabatan dengan Frank Angell.
  • Pada tahun 1892 ia menerima tawaran dari Cornell dan mengembangkan program doktor psikologi di Amerika Serikat
  • Psikologi bagi Titchener : psikologi eksperimental dan segala sesuatu yang mendahuluinya sama sekali bukan psikologi.  
Hubungan Paradoks Titchener dengan Psikologi Perempuan
  • Larangan Titchener terhadap keanggotan wanita berlangsung dari awal organisasi sampai reorganisasi dua tahun setelahnya kematian Titchener, pada tahun 1929. 
  • Psikolog wanita yang dikecualikan dari organisasi Titchener : Christine Ladd-Franklin.
  • Namun, kandidat doktoral pertama Titchener : Margaret Floy Washburn, pada Juni 1894.
  • Margaret Floy Washburn menjadi wanita pertama yang menerima gelar doktor dalam psikologi.  
  • Wanita lain yang diajarkan Titchener mengenai psikologi eksperimental : Celestia Susannah Parrish (1855–1918). 
  • Pada tahun 1893 Titchener menerima Parrish sebagai siswa sekolah musim panas. 
  • Parrish : mendirikan laboratorium psikologi pertama di Amerika Serikat bagian selatan, Virginia.
  • Pada akhirnya, Titchener menyesuaikan diri dengan wanita
Tujuan Psikologi
  • Titchener setuju dengan Wundt bahwa psikologi harus mempelajari pengalaman langsung (kesadaran). 
  • Kesadaran : akumulasi pengalaman seumur hidup. 
  • Titchener menetapkan tujuan psikologi sebagai penentuan tentang apa, bagaimana, dan mengapa
  • Tujuan Psikologi Titchener : membuat katalog dari elemen mental dasar yang menjelaskan semua elemen kesadaran. 
  • Titchener berusaha untuk menggambarkan pengalaman mental.
  • Titchener berfokus pada peristiwa sadar yang dapat diamati.
  • Pada tahun 1899 Titchener mendefinisikan tujuan strukturalisme sebagai penggambaran kehidupan mental.
Penggunaan Intropeksi oleh Titchener
  • Penggunaan introspeksi Titchener lebih rumit daripada penggunaan Wundt. 
  • Subjek Titchener, harus mencari unsur dalam bahan pengalaman mereka
  • Tugas subjek adalah menggambarkan pengalaman dasar kognitif kompleks yang dibangun. 
  • Subjek Titchener harus dilatih untuk menghindari pelaporan arti dari suatu stimulus. Contoh, jika subjek ditampilkan sebuah apel, tugasnya adalah mendeskripsikan warna dan karakteristik spasial dari apel tersebut
  • Titchener ingin subjeknya melaporkan sensasi, bukan persepsi.
Elemen Mental
  • Unsur kesadaran terdiri sensasi, gambar, dan afeksi
  • Menurut Titchener, sebuah elemen bisa diketahui hanya dengan melihat atribut-atributnya
  • Atribut sensasi dan citra : kualitas, intensitas, durasi, kejelasan, dan ekstensi. 
  • Extensity : kesan dari suatu sensasi.
  • Dalam praktiknya, Titchener dan murid-muridnya berkonsentrasi pada studi sensasi,  afeksi, dan gambar
  • Titcher (1896) menyimpulkan bahwa ada lebih dari 40.000 yang dapat diidentifikasi sebagai sensasi.
  • Titchener tidak menerima teori tridimensi perasaan Wundt
  • Titchener berpendapat bahwa perasaan terjadi hanya disatu dimensi, bukan tiga, seperti yang dijelaskan oleh Wundt. 
Hukum Kombinasi
  • Menentukan bagaimana elemen berpikir bergabung untuk membentuk proses mental yang lebih kompleks. 
  • Titchener menolak gagasan Wundt tentang apersepsi dan sintesis kreatif.
  • Setiap kali proses sensorik terjadi dalam kesadaran, ada kemungkinan besar akan muncul semua sensorik dan proses imajiner yang terjadi pada kesadaran sebelumnya
  • Bagi Titchener tidak ada proses yang mendasari persepsi.
  • Perhatian : kejernihan sensasi.  
Korelasi Neurologis dari Peristiwa Mental
  • Titchener menyebut dirinya sebagai psikofisik paralelis mengenai hubungan pikiran-tubuh.
  • Dia yang mencoba menjelaskan hubungan pikiran-tubuh dalam spekulasi metafisik.
  • Proses neurofisiologis : mengapa kehidupan mental dapat dipahami yang berarti deskripsi keadaan di bawah proses mental dapat terjadi.
Teori Makna Konteks
  • Sensasi tidak pernah terisolasi
  • Menurut hukum kedekatan, setiap sensasi menimbulkan gambaran yang sebelumnya dialami bersamaan.
  • Gambar orang yang dicintai cenderung menimbulkan berbagai macam gambar-gambar yang berkaitan dengan perkataan dan kegiatan orang yang dicintai, sehingga memberikan makna pada gambar tersebut. 
  • Dalam konsep rasionalis Titchener's, teori konteks makna mempertahankan filsafat empiris dan asosiasionismenya.
Kemunduran Strukturalisme
  • Strukturalisme : upaya untuk mempelajari secara ilmiah apa yang menjadi filosofis kekhawatiran masa lalu. 
  • Alat utama para strukturalis : introspeksi. 
  • Para strukturalis tidak tertarik untuk mempelajari perilaku abnormal
  • Kaum strukturalis mengabaikan studi tentang kepribadian, pembelajaran, perkembangan psikologis, dan perbedaan individu. 
  • Titchener bersikeras bahwa dia mencari pengetahuan murni dan tidak peduli dengan penerapan prinsip-prinsip psikologi untuk solusi praktis masalah. 
  • Kehancuran strukturaisme terjadi karena ketidakmampuannya untuk mengasimilasi salah satu dari perkembangan terpenting dalam sejarah manusia yaitu doktrin evolusi
Pendekatan Awal Lainnya Terhadap Psikologi
  • Meskipun strukturalisme Wundt dan Titchener  mendominasi psikologi selama bertahun-tahun, strukturalisme tetaplah mendapatkan kritikan

FRANZ CLEMENS BRENTANO

  • Franz Clemens Brentano (1838–1917), lahir di 16 Januari di Jerman. 
  • Ia memperoleh filsafat doktornya dari Universitas Tübingen pada tahun 1862
  • Pada tahun 1866 menjadi guru di Universitas Würzburg
  • Pada tahun 1874 ia diangkat sebagai profesor filsafat di Universitas Wina.
  • Brentano menerbitkan karyanya yang paling berpengaruh, Psikologi dari Sudut Pandang Empiris (1874/1973).
  • Brentano setuju dengan Wundt tentang keterbatasan psikologi eksperimental
  • Brentano percaya bahwa terlalu menekankan eksperimen bisa mengalihkan perhatian peneliti dari isu-isu penting.  
  • Brentano setuju dengan Wundt : pencarian elemen mental menyiratkan pandangan statis pikiran yang tidak didukung oleh fakta. 
  • Menurut Brentano, hal yang penting tentang pikiran bukan apa yang ada di dalamnya tapi apa yang dilakukannya
  • Pandangan Brentano disebut psikologi tindakan : proses mental ditujukan untuk melakukan beberapa fungsi. 
  • Tindakan mental : menilai, mengingat, menyimpulkan, meragukan, mencintai, membenci, dan berharap. 
  • Setiap tindakan mental mengacu pada suatu objek di luar dirinya.
  • Untuk mempelajari tindakan mental dan intensionalitas, Brentano harus menggunakan bentuk introspeksi Wundt dan Titchener. 
  • Dia menggunakan tipe introspeksi fenomenologis : analisis introspektif yang diarahkan menuju pengalaman yang utuh dan bermakna.  

CARL STUMPF

  • Carl Stumpf (1848–1936) lahir pada 21 April di Wiesentheid, Bavaria.  
  • Dia seorang mahasiswa di University of Würzburg.
  • Di Universitas Göttingen, memperoleh gelar doktor pada tahun 1868. 
  • Pada tahun 1893 ia mengajar psikologi di Universitas Berlin
  • Di Berlin, Stumpf menciptakan laboratorium psikologis yang merupakan pesaing Wundt's di Leipzig.
  • Sebagai seorang psikolog eksperimental, Stumpf tertarik pada persepsi akustik
  • Dia menerbitkan Psychology of Tone (1883, 1890).
  • Stumpf percaya bahwa ada hubungan antara psikologi dan filsafat
  • Seperti Brentano, Stumpf berpendapat bahwa peristiwa mental harus dipelajari. 
  • Untuk Stumpf objek studi yang tepat untuk psikologi adalah fenomena mental, bukan elemen sadar
  • Sikap ini mengarah pada fenomenologi yang menjadi landasan Psikologi Gestalt. 

EDMUND HUSSERL

  • Edmund Husserl (1859–1938) belajar dengan Brentano dari tahun 1884 hingga 1886.
  • Husserl mendedikasikan bukunya dengan judul Investigasi Logis (1900-1901).  
  • Husserl setuju dengan konsep intensionalitas Brentano : tindakan mental yang diarahkan pada sesuatu di luar diri mereka. 
  • Tindakan mental : cara  kita melakukan kontak dengan dunia fisik.  
  • Studi sebelumnya menggunakan introspeksi untuk memeriksa tindakan mental dengan merangkul dunia fisik
  • Studi menggunakan introspeksi untuk memeriksa semua subyektif pengalaman yang terjadi, tanpa perlu berhubungan ke hal lain. 
  • Untuk Husserl, ada dua jenis introspeksi : berfokus pada intensionalitas dan yang berfokus pada proses yang dialami seseorang secara subjektif dan berfokus pada pengalaman fenomenologis.
  • Metode Ilmu Pengetahuan Alam Tidak Sesuai dengan Studi Fenomena Mental
  • Husserl percaya bahwa terlalu dini untuk melakukan eksperimen tentang persepsi, memori, dan perasaan tanpa terlebih dahulu mengetahui esensi dari proses ini. 
  • Tujuan Husserl : untuk membuat taksonomi pikiran. 
  • Husserl berbeda secara radikal dari posisi strukturalis : di mana Husserl berusaha untuk memeriksa makna dan esensi, bukan elemen mental, melalui introspeksi. 
  • Husserl bersikeras pada fenomenologi murni : menentukan hubungan antara pengalaman subjektif dan dunia fisik. 

OSWALD KULPE

  • Oswald Külpe (1862–1915) tertarik pada banyak hal, termasuk musik, sejarah, filsafat, dan psikologi. 
  • Dia mengambil jurusan sejarah di Universitas Leipzig
  • Di bawah pengawasan Wundt, Külpe menerima gelar doktornya pada tahun 1887.
  • Pada tahun 1894 Külpe pindah ke Universitas Würzburg.
  • Pada tahun 1909 ia meninggalkan Würzburg dan pergi ke Universitas Bonn dan kemudian ke Universitas Munich. 
  • Setelah Külpe meninggalkan Würzburg, minatnya semakin beralih ke filsafat
  • Masalah memiliki motivasi properti
  • Masalah menyebabkan subjek untuk terus menerapkan operasi mental yang relevan sampai solusi tercapai. 
  • Aspek motivasi dari pemecahan masalah harus ditekankan kemudian terbentuklah psikologi Gestalt
  • Würzburg menunjukkan bahwa semakin tinggi proses mental maka akan dapat dipelajari secara eksperimental dan bahwa proses mental tertentu terjadi secara independen. 
  • Ia juga mengklaim bahwa asosiasionisme tidak cukup untuk menjelaskan operasi pikiran dan menantang kaum voluntaris dan strukturalis
  • Würzburg membuat perbedaan penting antara pikiran dan pemikiran, antara isi mental dan tindakan mental
  • Brentano dan Würzburg sama-sama tertarik pada bagaimana pikiran bekerja.
  • Validitas introspeksi sebagai alat penelitian meluncurkan aliran haviorisme.

HANS VAIHINGER

  • Pada tahun 1911 Hans Vaihinger (1852–1933)  bukunya diterbitkan dengan judul The Philosophy of “As If”: A System of the Theoretical, Practical and Religious Fictions of Mankind
  • Dalam bukunya, Vaihinger berpihak dengan positivis Machia : mengatakan bahwa kita semua pernah mengalami secara langsung sensasi dan hubungan antar sensasi.
  • Menurut Vaihinger, kehidupan bermasyarakat memberi makna pada sensasi kita.
  • Prinsip fiksi : suatu gagasan yang kebenaran teoretisnya itu palsu.
  • Menurut Vaihinger, komunikasi sehari-hari tidak mungkin tanpa kata-kata dan frasa fiksi
  • Sains tidak akan mungkin tanpa fiksi seperti materi dan kausalitas. 
  • Ada kesamaan antara fiksionalisme Vaihinger dan filsafat pragmatisme : keduanya mengevaluasi ide-ide dalam istilah kegunaan mereka. 
  • Vaihinger percaya bahwa ada perbedaan penting antara posisi dan pragmatisme.
  • Bagi Vaihinger sebuah konsep bisa terbukti salah dan tetap berguna. Contoh, meskipun konsep kehendak bebas terbukti salah, mungkin ada manfaatnya dari bertindak seolah-olah itu benar.

HERMAN EBBINGHAUS

  • Hermann Ebbinghaus (1850–1909) lahir 24 Januari di Barmen. 
  • Ia mempelajari bahasa klasik, sejarah, dan filsafat di Universitas Bonn, Halle, dan Berlin sebelum menerima gelar doktor dari University of Bonn pada tahun 1873. 
  • Dia menulis disertasinya mengenai filosofi tentang ketidaksadaran.
  • Ebbinghaus kemudian mendedikasikan bukunya Outline of Psychology (1902) untuk Fechner.
  • Ebbinghaus memulai penelitiannya di rumahnya di Berlin pada tahun 1878.
  • Penelitian Ebbinghaus memuncak dalam grafik mono berjudul On Memory: An Investigation in Psikologi Eksperimental (1885/1964).
  • Untuk pertama kalinya proses belajar dan memori dipelajari. 
  • Ebbinghaus adalah orang pertama menerbitkan artikel tentang pengujian kecerdasan anak sekolah
  • Pada berbagai interval waktu setelah penguasaan, Ebbinghaus mempelajari  kelompok suku kata
  • Ebbinghaus menciptakan kurva retensi pertama psikologi
  • Ebbinghaus juga mempelajari efek kebermaknaan pada pembelajaran dan memori
  • Dalam daftar pembelajaran suku kata, praktik terdistribusi lebih efisien daripada latihan massal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SENSASI DAN PERSEPSI

GANGGUAN PSIKOLOGIS

TEORI-TEORI KEPRIBADIAN